Rumah Batu Olak Kemang


rumah_batu_olak_kemang

Terletak tak jauh dari tepian Sungai Batanghari, tampak Rumah Batu Olak Kemang berdiri. Bangunan tua yang oleh warga setempat disebut juga "Rumah Rajo" tepatnya berada di Jl. KH. Abdul Qodir Ibrahim RT. 02 kelurahan Olak kemang, Kecamatan Danau Teluk Seberang Kota Jambi.

rumah_batu_olak_kemang

Kondisi bangunannya telah keropos, merasai sendirian, melawan kekuatan alam hujan, panas dan angin yang mengikis hampir seluruh sisi dinding. Lumut kerak dan tetumbuhan paku yang menempel di sela-sela retakan menjadikan bangunan cagar budaya ini merana. Kayu pada sisi dinding dan lantai atas sudah banyak lapuk, dengan atap yang sebagian besar hampir lepas.

rumah_batu_olak_kemang

Rumah tua ini dibangun dalam kurun abad ke-XVIII. Tentunya ini menyimpan nilai sejarah, khususnya merekam jejak kekayaan budaya masyarakat Melayu Jambi. Warga yang tinggal bersebelahan dengan bangunan tua tersebut mengatakan Rumah Batu Olak Kemang milik (Alm) Sayyid Idrus bin Sayyid Hasan Al Jufri. Pada masa jayanya beliau adalah seorang Raja (Sultan) berpengaruh di kawasan itu dengan gelar Pangeran Wiro Kusumo. Dengan pengaruhnya sebagai Sultan itu, beliau menjadi tokoh masyarakat yang menyebarkan agama Islam di wilayah tersebut.

Rumah Batu Olak Kemang sendiri berbentuk bangunan dengan dua lantai. Arsitekturnya selain memperlihatkan model rumah panggung khas rumah masyarakat Melayu Jambi juga tampak dipengaruhi perpaduan seni bangunan China dan Arab. Hal ini bisa dilihat dari ukiran Ular Naga pada bagian pintu masuk utama ruangan, pilar bagian dalam bertuliskan kaligrafi huruf Arab, dan pintu gerbang keluar-masuk yang berjarak kurang lebih 5 meter yang tampak menyerupai gerbang rumah ibadah Klenteng .

Perawatan rumah tua ini sampai sekarang masih dilakukan seadanya oleh pihak keluarga dari keturunan (Alm) Sayyid Idrus bin Sayyid Hasan Al Jufri. Saat ini tanggung-jawab merawatnya berada pada pundak Ibu Syarifah Aulia.

Harapan dari pihak yang merawat Rumah Batu Olak Kemang ini pemerintah Kota Jambi bersedia memberikan perhatian yang layak. (M.I)

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Reddit

0 Comments:

Posting Komentar

  •  

    Muhammad Ichsan Copyright © 2009 LKart Theme is Designed by Lasantha