17 Mei 2015

 

Tetanggaku yang Responsif

Apa yang membuat orang tetap bersemangat? Salah satu jawabannya adalah kreativitas. Saya ada satu cerita lagi soal ini. Begini ceritanya..

Masuk musim peralihan saat ini, di kota saya hujan bisa dua-kali turun. Biasanya tertumpah dari langit dengan gerungan angin yang lumayan heboh. Ketika hujan biasanya pula selokan di depan rumah saya mengalir deras sebab air yang dari jalan besar juga turun langsung.

Lantas apa hubungannya dengan kreativitas? Ini kaitannya..

Tetangga saya yang rumahnya berhadapan, ia akan begitu gembira saat hujan turun deras. Ia lalu begitu gesit mengumpulkan setiap sampah di seantero pelataran dan dalam rumahnya.

Kemudian dengan sigap menuju selokan depan rumah saya. Aduhai! Sungguh mengharukan melihat ketekunannya mengeluarkan satu demi satu sampah dari tiga kantong plastik besar yang dibawanya itu. Pelan saja dianya memasukkan sampah-sampah itu. Tapi, mungkin kata yang lebih tepat untuk gayanya membuang sampah-sampah tersebut adalah 'gemulai'.

"Wah, banyak sampahnya, Yuk?!" tegur saya tiba-tiba memergokinya. Tapi, anehnya sedikitpun tak ada perasaan bersalah terlukis di wajahnya. Lalu, ia dengan santai menjawab tegur-sapa saya dengan nada datar saja:

"Iya, Can.. Ini sampah sudah tiga hari tidak dibuang. Baunya ampun.."

"Mantap!" sahut saya pendek saja dengan setengah mati menahan perasaan geli melihat tingkahnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar