25 Jun 2013

 

Si Cantik, Bonsai Tiruan

Beberapa bulan belakangan ini saya lagi menekuni seni pembuatan bonsai tiruan. Kriya ini bagi saya sangat menarik, dan tentunya memiliki nilai seni yang cukup tinggi.

Pembuatannya juga tak terlalu rumit. Bahan baku mudah didapat, biaya yang dikeluarkan cukup murah-meriah terjangkau dengan kantong siapa saja yang berminat berkreasi seni bonsai tiruan ini.

bonsai_tiruan

Foto di atas adalah salah satu bonsai tiruan bunga sakura oranye yang telah saya buat.


Bahan-bahan yang saya pakai terdiri dari:

1. Akar tanaman bunga asoka

2. Bunga plastik sakura (1 lusin seharga RP 60.000/12 tangkai, saya hanya memakai 6 tangkai saja untuk bonsai di atas)

3. Pot plastik yang bisa dibeli di toko pecah-belah (saya membeli pot di atas seharga RP 9.000)

4. Semen dan pasir secukupnya


Adapun tahap-tahap pembuatannya sebagai berikut:

1. Bersihkan akar tanaman dari tanah. Kelupas kulit terluarnya, ampelas sampai licin.

2. Bor akar yang telah bersih tersebut dengan hati-hati untuk menempelkan bunga-bunga plastik.

3. Gunakan lem silikon/lem lilin pada ujung tangkai bunga plastik secukupnya.


lem_silikon

4. Setelah semua bunga telah terpasang kuat pada akar, finishing tentu diperlukan dengan mem-politur yang berwarna coklat. Lalu, jemur anginkan supaya cat politur kering.


5. Selanjutnya, letakkan bonsai tiruan yang telah jadi ke dalam pot. Masukkan semen sedikit demi sedikit dan haluskan permukaannya.

kriya_bonsai


6. Anda bisa mengecat permukaan (tepat di bawah leher batang bonsai tiruan) dengan warna tanah, lumut atau sesuai selera Anda saja.


Selamat berkreasi dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar