Ilusi visual ala Akiyoshi Kitaoka


Perhatikan gambar di bawah ini,


Rotating_Snake_karya_Akiyoshi_Kitaoka

Apakah Anda melihat objek dalam gambar bergerak? Sebenarnya tidak ada gerakan sama sekali dari objek dalam gambar tersebut. Mata Anda yang menggerakkannya.

Inilah yang dinamakan ilusi visual. Penemunya adalah seorang adalah Profesor dari Universitas Ritsumeikan, Kyoto, Jepang. Dia adalah Akiyoshi Kitaoka lahir pada tanggal 19 Agustus 1961, yang meneliti secara khusus mengenai persepsi dan ilusi visual dari berbagai bentuk geometris, kecerahan, warna dengan landasan  psikologi Gestalt soal rangsangan sensorik individu.

Fenomena ilusi visual didefinisikan sebagai hubungan yang terputus antara persepsi dan realitas fisik sebenarnya. Ketika kita mengalami ilusi visual, sepertinya kita melihat sesuatu yang berbeda dengan keadaan realitas fisik. Hal ini disebabkan adanya gambaran yang menyesatkan dan mengelabui (distorsi) pada penglihatan kita. Akibatnya, otak menerima informasi salah, dan mempersepsikan secara keliru sehingga gambaran yang terbentuk tidak sesuai dengan objek sebenarnya. Contoh yang paling mudah sewaktu kita berkendaraan dan melihat benda-benda bergerak. Pepohonan atau tetumbuhan di tepi jalan sepertinya bergerak menjauh.

Adapun ilusi visual ala Akiyoshi Kitaoka memanfaatkan ketidakmampuan otak menciptakan kembali dunia fisik disebabkan persepsi yang diterima berdasarkan distorsi stimulus luar oleh mata. Ini disebabkan pola-pola geometris tertentu dari gambar objek sengaja distorsikan, seperti bentuk, ukuran, letak dan kecerahan warna-warna dengan luminositasnya.

Eye_Rays_karya_Akiyoshi_Kitaoka


Rotating snake karya Kitaoka di atas, gerakan objek dalam gambar akan berhenti jika Anda memusatkan penglihatan pada masing-masing titik hitam yang ada di tengah.  Cara yang sama juga bisa Anda terapkan ketika melihat gambar lainnya di bawah ini.


Chidori Akiyoshi Kitaoka


Catatan:

1.
Dirangkum dari berbagai sumber.

2. Gambar dari situs ritsumei.ac.jp dan itsnicethat.com

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Reddit

0 Comments:

Posting Komentar

  •  

    Muhammad Ichsan Copyright © 2009 LKart Theme is Designed by Lasantha